Monday 10 October 2022

Pesan Error Moodle: The backup file contains more than one top-level question categories for context XXXX.

Assalaamu'alaikum wr. wb.

Maaf baru sharing-sharing lagi🙏😊

Kemarin habis ada kejadian. Ada masalah pada Moodle di klien. Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya dan tim baru saja menyelesaikan integrasi Moodle dengan Sistem Informasi Kampus di klien ini. Mereka adalah perguruan tinggi swasta.

Nah, jadi ceritanya kemarin ada dosen yang melakukan backup dan restore. Dosen ini memiliki beberapa kelas dengan mata kuliah yang sama di Moodle. Lalu beliau melakukan backup dan restore dari kelas yang satu ke kelas yang lain. Tapi ada kesalahan saat beliau melakukan proses tersebut. Sepertinya sih beliau pilih opsi delete konten yang sudah ada plus dibawa juga enroled usernya. Akhirnya, jadi deh kelas targetnya jadi kosong konten yang sebelumnya dan mahasiswanya jadi kehapus semua😱. Panik deh beliau.

Kemudian saya coba remote TKP. Saya cek MK targetnya, benarlah cerita yang disampaikan, mahasiswa dan konten sebelumnya kosong. Padahal ada kuis di konten sebelumnya dan sudah ada mahasiswa yang attempt kuis tersebut. Bisa hilang deh tuh jawaban mahasiswa😬.

Alhamdulillah tim IT mereka melakukan backup rutin. Backup terakhir di jam 5 pagi. Lalu saya coba melakukan backup dari server backup mereka kemudian melakukan restore ke server production. Saya coba full backup. Eh ternyata muncul pesan error

The backup file contains more than one top-level question categories for context XXXX.


Kalau lihat pesannya, kejadiannya sepertinya di question bank. Tapi karena penasaran, saya coba tes beberapa kali dengan menghilangkan beberapa item saat backup. Sempat juga saya ubah kategori di question bank-nya. Tapi tetap belum bisa.

Jadi karena MK-nya sama dan file backup yang saya pakai sumbernya dari server backup, maka identitas course-nya pastinya sama semua. Jadi, top kategori di question bank juga sama karena course short name-nya juga sama.

Saya nyoba beberapa solusi dari beberapa diskusi forum. Alhamdulillah ada solusi yang cocok pas saya coba.

Jadi, saya melakukan dua tahap saat backup sebagai berikut:
1. Backup dan restore course tanpa question bank.
2. Backup dan restore masing-masing quiz satu persatu.

Alhamdulillah, cara ini berhasil. Activity, resource, dan enrol usernya beserta attempt-nya sudah kembali seluruhnya. Dan hari ini -saat artikel ini ditulis-, mata kuliah tersebut akan dipakai oleh dosen tersebut.

Semoga sharing ini bermanfaat.

Barakallah😊😊😊

No comments:

Post a Comment